RSS

Pages

MELATI : Klasifikasi, Jenis & Manfaat

MELATI
Klasifikasi, Jenis & Manfaat
(Teruntuk perdu melati di depan rumahku)

Bunga melati putih (Jasminum sambac Air.)
Didepan rumahku, ada satu petak perdu melati berwarna putih nan mungil. Melati ini juga lumayan terkenal di gang karena tiap malam jum'at bikin merinding orang-orang yang lewat  Bukan karena ada setannya lho, tapi karena wanginya pada saat mekar memang bisa menembus masuk rumah. Lumayan,hitung-hitung pewangi rumah gratis. $_$

Melati yang asal muasal hanya main tancap ke tanah saja saat ditanam kini telah beranak cucu hingga membentuk koloni perdu yang mengancam kedudukan pohon melinjo di sebelahnya. Nah, suatu ketika, muncullah pertanyaan di kepala gadis yang umurnya hanya beda 10 tahun dengan perdu itu -aku- siapa sih nenek moyangnya?

Sejarah&Budaya

Jenis melati yang ditanam di rumahku adalah jenis Jasminum sambac yang jadi bunga Nasional Indonesia alias puspa bangsa Indonesia. (Hmm.. mungkin namaku dicaplok dari sini).  Bunga melati nan harum ini sendiri melambangkan kemurnian dan kesucian. Makanya jangan heran kalau di rambut para pengantin perempuan Indonesia yang bertengger manis adalah bunga melati bukan mawar, teratai, bakung apalagi raflesia. (Ya iyalah!!)


Di Indonesia, melati dikenal dengan berbagai nama. Ini dia listnya : Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), Melati Salam (UMI), Malete (Madura) serta Beruq-beruq(Mandar) juga aTih (Aku yang masih balita ^_^ ;;).

Tapi tentu saja melati bukan hanya monopoli Indonesia. Di Italia ada melati casablanca (Jasminum officinalle) yang disebut Spanish Jasmine dan di jadikan parfum.Ada pula melati J. parkeri yang ditemuan di kawasan India Barat Laut yang kemudian diboyong ke Inggris pada tahun 1923. Kenapa bunga entitas India ini malah di boyong ke Inggris? Ayo buka buku sejarah SDnya lagi! India pada masa itu masih daerah persemakmuran (baca: jajahan) Inggris. Sama seperti Indonesia yang masih dijajah Belanda. T_T. Nasib dijajah, sampai bunganya juga dicolong.

Ini nih White butterfly jasmine dr Cuba
Indonesia juga bukan satu-satunya negara yang menjadikan melati sebagai bunga nasionalnya lho. Negara lain yang memakai melati sebagaipuspa bangsa antara lain:: 

  • Cuba dengan white butterfly jasmine-nya yang cuma ada di Cuba, 
  • Paraguay dengan Jasmine of paraguay (yang sama aja kaya' melati Indonesia) dan 
  • Syria dengan Jasmine errr... yah dengan Jasmine (cuma melati, ngga ada species khususnya-setidaknya begitu yang kubaca),
Nah berhubung banyak banyak negara lain memakai bunga Melati, Indonesia tentu saja tampil beda dengan menambah 2 jenis bunga lain untuk sebagai bunga nasional selain melati (Jasminum sambac) yaitu Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis) dan bunga terbesar&terbau di dunia Raflesia (Raflesia arnoldi). Jadilah Indonesia menjadi negara dengan 3 bunga nasional! BRAVO!!
 


Klasifikasi & Species


Sudah dapat dipastikan melati berada di Kingdom Plantae, karena tumbuhan. Untuk selanjutnya dapat di lihat di buku biologi SMP& SMA. Tapi karena bongkar buku itu ribet, aku copy-paste saja dari Wikipedia.com :


Contoh yag dipakai adalah bunga melati putih

Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum


Species melati sendiri lebih dari 200 namun yang telah dibudidayakan tidak sampai 1%nya! Ckckck... ada yang berniat membudidayakan sisanya?  Beberapa species., jenis, varietas dan ciri-ciri penting (karakteristik) tanaman melati adalah sebagai berikut:
Adapun jenis dan varietes Melati yang ada di Pulau Jawa antara lain:


Mau tahu lebih lanjut tentang masing-masing species tersebut? tinggal klik saja langsung di nama latinnya ya~


 
Manfaat


Tentu saja manfaat melati yang utama di Indonesia adalah untuk acara nabur di kuburan!! Makanya wangi melati identik dengan kematian dan hal-hal mistik. Bunga melati yang wanginya menyengat juga sering di perkosa kemurniannya dengan dijadikan bahan utama dalam praktek perdukunan. Bunganya yang masih kuncup dirangkai jadi hiasan rambut yang cantik dan wangi. Melati dirumahku berfungsi sebagai pengharum halaman dan fungsi spesial nakut-nakutin orang yang lewat depan rumah saat malam jum'at (lol).

Melati juga populer sebagai bahan tambahan untuk teh, teh melati. Salah satu contohnya adalah teh cap botol yang sudah di minum keluargaku selama 2 generasi  Walau aku jauh lebih suka teh bunga krisan yang dipakai dalam Liang teh.
teh seduh 2 generasi, murah-meriah


Tapi tahukah kalian selain manfaat di atas yang sudah sering kita ketahui, ternyata manfaat melati itu buanyak buanget!!
Ini dia beberapa fungsi melati hasil mengutip dari anneahira.com:


Menghentikan ASI yang keluar berlebihan
Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan di seputar buah dada, setiap pagi sebelum mandi.

Sakit mata
Penyakit mata yang ringan seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Caranya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh. in cocok untuk orang yang takut dengan obat tetas mata... itu bukan aku lho.. bener.

Bengkak akibat serangan lebah
Caranya, ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, kemudian tempelkan pada bagian yang tersengat lebah. Tapi berhubung bunga melati jarang ditemukan,lebih baik pakai balsem dulu.

Demam dan sakit kepala
Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semua bahan, remas-remas dengan tangan, kemudian direndam dengan air dalam rantang. Cara menggunakannya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.

Demam berdarah.
Rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing dalam 250 ml air hingga menjadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada penderita demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari. Perlu diingat ini bukan untuk pengobatan sampai sembuh tapi membantu proses penyembuhan. Untuk pengobatan TETEP harus di bawa ke rumah sakit.



Dan kesimpulannya

Bunga melati asal tancap lalu tumbuh di depan rumahku itu ternyata luar biasa!

Bunga melati bisa dimakan digunakan untuk berbagai hal. dan sejarahnya juga panjang, jauh lebih panjang dari manusia terpanjang di dunia. Dan tentu saja sebenarnya melati bukanlah penanda adanya dedmit alias setan. Itu adalah paradigma yang tercipta saking seringnya melati digunakan untuk nyekar dan memandikan mayat

Jadi buat kalian yang kebetulan lewat depan rumah seseorang dan mencium aroma melati, jangan langsung lari terbirit-birit ya... karena bisa jadi itu adalah aroma mewangi yang disebarkan oleh perdu melati yang ditanam sebagai penghias halaman. Sang puspa bangsa yang menjagakemurnian dan kesucian seperti warnanya yang akan terus putih sepanjang masa.

2puspa, 23 ,maret 2011

2 komentar:

AM Imron mengatakan...

Wah sip, sip. Semoga kita bisa kayak melati yang bermanfaat luar biasa ya :)

Duwi Risti mengatakan...

terimakasih bermanfaat sekali,,

Posting Komentar